Sejarah Dan Keistimewaan Tugu Jogja


RizaArdiyanto.my.id – Berada di kota gudeg belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi tugu jogja. Yap, tugu di jogja ini menjadi salah satu ikon yang paling terkenal dan menjadi tempat wajib bagi siapa saja yang sedang berkunjung ke kota jogjakarta.

Sebenarnya tugu kota jogja tidak besar, namun tugu tersebut sangat bersejarah dan memiliki makna yang dalam sehingga banyak masyarakat yang mengabadikan ikon kota yogya tersebut. Tugu ini sendiri berada di jalan pangeran mangkubumi.

Di tugu dekat tugu ini terdapat pusat perbelanjaan kota yogyakarta yang terkenal yaitu malioboro. Berikut ulasan selengkapnya mengenai ikon jogja.

Tugu Jogja

(Gambar: dutawisata.co.id)

Mengulas Makna Tugu Jogja

Seperti yang diketahui bersama, ikon dari kota yogyakarta adalah tugu jogja. TuguĀ  ini dibuat berbentuk persegi dengan setiap sisi terdapat prastasti. Prasasti tersebut terbaca siapa saja yang ikut saat membuat tugu jogja tersebut.

Tugu jogja ini bagian puncak berbentuk runcing. Sedangkan tinggi dari tugu ini sendiri sekitar 15 m atau 10 meter lebih tinggi dari bangunan awal sebelum dilakukan pemugaran. Warna dari tugu ini berwarna putih sehingga masyarakat jogja menyebutnya tugu pal putih.

Kunjungi Juga Keindahan Pantai Anyer

Di tugu ini terdapat banyak kenangan yang mungkin tidak akan dapat dilupakan oleh siapa saja yang pernah datang ke kota gudeg ini.

Tugu jogja sendiri tidak pernah sepi. Baik siang atau malam hari, tugu ini selalu dipenuhi oleh masyarakat yang ingin mangabadikan dirinya di dekat patung ini. karena setiap orang yang pernah berfoto ditugu ini maka ia berarti sudah mengunjungi kota jogja.

Meskipun hal itu tidak sepenuhnya benar, namun pedoman itu kerap digunakan oleh pengunjung sehingga mereka selalu berlomba-lomba untuk berfoto di dekat tugu ini. saat malam hari, tugu akan terlihat lebih indah karena dipadu dengan lampu dari motor-motor yang lewat disamping kiri dan kanan tugu.
Keistimewaan dari tugu jogja ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Ditambah dengan keramahan dari masyarakatnya membuat siapa saja tidak dapat melupakan kota yogyakarta. Tertarik berfoto di tugu??