Rangkuman Berita Tournament Mobile Legends

Rilis Teaser, Piala Presiden Esports Hadir Kembali di 2021! Ini Bocorannya

Dengan semakin berkembangnya teknologi sekarang game bisa dimainkan dengan menggunakan smartphone Android yang anda miliki. Dan permainannya juga semakin menarik karena sudah mendapatkan sentuhan teknologi yang canggih, salah satunya adalah game Mobile Legends.

Mobile Legends ini merupakan sebuah permainan piranti yang bergerak dengan berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, yang dirancang untuk ponsel.

Bicara tentang Mobile Legends, dalam kesempatan kali akan memberikan rangkuman berita tentang tournament Mobile Legends sebagai berikut:

  • Turnamen Mobile Legends Khusus Wanita

Kementerian dan Informatika mengatakan bahwa dengan adanya turnamen olahraga game atau esports yang dikhususkan bagi wanita bisa mendorong inklusif serta memberikan kemudahan perkembangan ekosistem esports di Tanah Air yang saat ini dianggap masih didominasi oleh kaum adam.

Dalam hal ini, Direktur Aptika Kementerian Kominfo, Semua Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa para talenta atlet wanita harus dikembangkan dan di support. Hal ini ia katakan saat membuka turnamen esport Dignity of Srikandi Kartini Edition yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi).

Event tersebut merupakan turnamen esports khusus wanita yang mempertandingkan game Mobile Legends: Bang Bang. Turnamen sendiri akan mulai digelar pada Selasa (27/4/2021).

“Bertepatan dengan perayaan Kartini, kegiatan ini menjadi momentum untuk memperkuat talenta perempuan-perempuan agar mau bergabung ke dalam ekosistem esport Indonesia sehingga ekosistem esport Indonesia menjadi lebih inklusif,” ujar Semuel.

Selain mendorong ekosistem yang lebih terbuka, dengan adanya turnamen yang dikhususukan untuk perempuan ini pun sejalan dengan misi persamaan gender yang diusung oleh bapak presiden Joko Widodo.

Ia juga berharap nanti ke depannya akan lebih banyak lagi turnamen-turnamen yang merangkul kaum wanita di Tanah Air guna mewujudkan kesetaraan dalam iklim olahraga.

“Kita harap ke depannya hal serupa dapat membentuk ekosistem esport Indonesia dan mendukung semakin banyaknya atlet esport di Indonesia sehingga dapat berkompetisi lebih banyak di ajan gaming internasional,” kata Semuel.

  • Alasan Piala Presiden e-Sports 2019 Hanya Mainkan Mobile Legends

Piala Presiden e-Sports 2019 merupakan turnamen e-Sports yang bergulir sejak 28 Januari 2019. Turnamen yang mempertandingkan Mobile Legends sebagai game tunggal itu sudah memasuki babak final di masing-masing regional yang tersebar di delapan kota di Indonesia.

Namun banyak orang yang bertanya mengapa turnamen yang penyeleggaraannya didukung oleh pemerintah tersebut hanya mempertandingkan Mobile Legends saja.

Untuk menanggapi hal itu, Giring Ganesha selaku Presiden Indonesia e-Sports Premier League (IESPL) akhirnya berbicara tentang hal itu.

Menurut Giring, dalam proses penyelenggaraan event tersebut, pemerintah bekerjasama dengan IESPL, sangat mentaati norma-norma yang berlaku, salah satunya adalah mengenai konten kekerasan.

Turnamen ini disiarkan secara langsung di salah satu TV nasional, sehingga tidak boleh memainkan game yang ada konten kekerasannya secara eksplisit.

Hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa hanya memilih Mobile Legends dalam turnamen tersebut.

Menurut Giring, Mobile Legends lebih aman dari konten kekerasan dibandingkan game lainnya. Mobile Legends merupakan game bergenre fantasi sehingga membuat adegan saling membunuhnya di dalam gamenya tidak mempertontonkan kekerasan yang riil.

“Kita ingin berikan tontonan yang bukan hanya menyenangkan, tapi kita juga ingin sosialisasi bahwa e-Sports sekarang sudah beda,” ucap vokalis grup band Nidji tersebut.

“Ini bukan hanya soal game, bukan (ingin mempertontonkan) kekerasan juga, makanya kita pilih game Mobile Legends yang bertema fantasi,” imbuh Giring.