Kisah Dibalik Nama ‘Macan Kemayoran’

Jadwal Persija Hari Ini: Macan Kemayoran Terkam Persib Bandung

Ketika mendengar ‘Macan Kemayoran’ tentunya akan teringat pada klub Persija Jakarta. Macan Kemayoran sendiri merupakan julukan yang disematkan pada klub tersebut. Julukan Macan Kemayoran semacam sebuah gengsi yang berangsur-angsur menjadi mantra untuk menumbuhkan kebudayaan dan identitas baru. Karena dengan satu sebutan “Macan Kemayoran”, semua orang yang meneriakkan akan merasa menjadi bagian penting dari Klub. Para Jakmania, sebutan suporter Persija Jakarta, selalu memberikan hal positif kepada klub Persija apalagi dengan adanya julukan Macan Kemayoran membuat mereka semakin yakin dan kuat bahwa Persija klub  sepak bola nomer satu.

Namun, apakah ada arti dibalik nama Macan Kemayoran? Tentu saja ada. Sejarah awal mula nama Macan Kemayoran tak luput berasal dari salah satu jagoan asal betawi, yaitu Murtado. Kehebatan bela diri yang dimiliki Murtado yang menjadikan alasan dirinya diberi julukan Macan Kemayoran. Kehebatan Murtado diabadikan dalam buku-buku yang menuliskan kisah hidupnya, salah satunya dalam buku Cerita Rakyat Dari Sabang Sampai Merauke (2008) menceritakan kisah Murtado yang dengan berani menentang kesewenang-wenangan Belanda pada masa penjajahan dahulu.

Murtado yang lahir pada tahun 1869 ini terkenal berani dalam membela rakyat dari segala bentuk kejahatan. Karena kebaikannya yang selalu pasang badan membantu warga Kemayoran, oleh karen itu Macan Kemayoran menjadi julukannya dan juga semakin terkenal di seluruh Batavia. Atas keberaniannya dan tidak kenal takut, Belanda pun mulai tertarik dengan Murtado dan mulai melobinya dengan memberikan harta berlimpah supaya Murtado mau bekerja sama dengan Belanda. Namun, Murtado tetap dalam pendiriannya membela warga Kemayoran. Tawaran yang diberikan oleh Belanda diabaikan. Bagi Murtado, menjadi alat penjajah untuk memeras keringat rakyat sendiri merupakan suatu penghinaan besar bagi warga Betawi. Murtado kemudian menjadi pemberontak dan membebaskan masyarakat dari penindasan Belanda. Julukan ‘Macan Kemayoran’ memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi Persija Jakarta, selain membawanya sebagai tim paling unggul di panggung sepakbola nasional Indonesia, Persija Jakarta juga sudah merengkuh banyak gelar juara sejak mulai berdiri.