Gelaran Piala Asia U-19 Ditunda, Shin Tae-Yong Langsung Merubah Agenda Timnya

Prediksi Timnas Indonesia U-19 Vs NK Dugopolje FC: Buka dengan Kemenangan!

Belum meredanya pandemi virus corona disebagian negara menyebabkan harus terunda atau bahkan terancam digelarnya beberapa jadwal bola indonesia. Termasuk juga ajang Piala Asia U-19 2020 yang rencananya akan digelar di Uzbekistan. Ajang olahraga yang rencananya akan digelar mulai tanggal 14 hingga 31 Oktober 2020 ini terancam ditunda, karena tuan rumah memperpanjang masa penguncian.  

Shin Tae-Yong pelatih Tim Nasional sepak bola Indonesia U-19 saat mengetahui ditundanya gelaran Piala Asia U-19 akibat pandemic COVID-19, dirinya langsung merubah agenda timnya. Keluarnnya keputusan tertundanya turnamen Piala Asia U-16 2020 di Bahrain dan Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan adalah berdasarkan rapat eksekutif AFC pada Kamis, 10 September 2020. 

Seperti yang dikutip Pikiran-rakyat.com (PR) dari laman resmi AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa selaku Presiden AFC berkata “Ini adalah masa masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepak bola dan olahraga secara umum.”

Timnas Indonesia sendiri saat ini masih menjalani pemusatan latihan atau TC di Kroasia. Shin Tae-Yong berkata “Saat ini Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani pemusatan latihan di Kroasi, sebenarnya ini merupakan persiapan mengikuti Piala Asia U-19 bulan Oktober di Uzbekistan.”

“Namun setelah diundur kami langsung mengubah program latihan Timnas U-19.” Imbuh pelatih asal Korea Selatan tersebut. 

Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI mengatakan bahwa Timnas Indonesia akan bertolak ke Turki setelah dari Kroasia. Iriawan berkata “Dengan penundaan Piala AFC U-19 ini, maka Timnas U-19 yang saat ini di Kroasia direncanakan melanjutkan TC di Turki pada Oktober mendatang.”

Iriawan sebelumnya telah menegaskan akan mendukung keputusan yang dikeluarkan pihak AFC. Pria yang akrab dipanggil Iwan Bule tersebut berujar “Mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan.”

Iwan meminta supaya para pemain Timnas Indonesia U-16 dan U-19 tetap semangat menjalani pemusatan latihan atau TC, meski mereka dipastikan batal tampil di liga bola Piala Asia tahun 2020 ini.