Fakta Menarik Yang Terjadi Pada Saat Final Euro 2020/2021

[BREAKING] Kalahkan Inggris di Wembley, Italia Juara Piala Eropa 2020 

Terdapat ragam fakta menarik seputar final Piala Euro 2020/ 2021 yang telah dimenangkan oleh Italia. Timnas Italia ini menjuarai EURO 2021 sebagai Hasil Pertandingan Euro 2020 seusai mengalahkan Inggris lewat adu penalti pada laga final. Stadion Wembley di London menjadi tempat berlangsungnya final Euro 2020 tersebut. Ada pun beberapa fakta yang terjadi saat final EURO tersebut, berikut ini beberapa di antaranya.

Rekor Gol Paling Cepat Final EURO

Dalam Final EURO ini, terjadi gol paling tercepat yaitu gol kilat dari Inggris dari Luke Shaw pada menit ke-2 di babak pertama. Sehingga hal tersebut mencatatkan rekor untuk gol tercepat sepanjang sejarah untuk final Euro atua Piala Eropa. Lebih tepatnya bek kiri klub Manchester United yaitu Shaw tersebut mencetak golnya di 1 menit 57 detik seusai kick-off. Gol dari Luke Shaw melampaui rekor tercepat untuk final EURO sebelumnya dari Chus Pereda, timnas Spanyol. Ia mencetak gol di menit ke-6 pada final EURO tahun 1964 antara Uni Soviet dan Spanyol.

Pencetak Gol Final EURO Tertua

Ada gol balasan dari Italia terjadi di menit 67 yaitu oleh Bonucci sekaligus juga menempatkan bek dari Juventus tersebut menjadi pencetak gol paling tua sepanjang sejarah ajang final EURO. Karena Bonucci saat itu berusia 34 tahun 71 hari. Dengan gol tersebut, Bonucci bisa menggusur rekor yang sebelumnya tercatat dari Bernd Hoelzenbein, timnas Jerman Barat. Ia mencetak gol dalam final 1976 lawan Cekoslovakia. Tetapi Jerman Barat kala itu gagal juara seusai kalah adu penalti.

Adu Penalti Final EURO ke-2

Final EURO antara Inggris dengan Italia ialah final ke-2 selama ini perlu dituntaskan dengan sistem adu penalti. Untuk yang pertama sendiri terjadi saat final EURO tahun 1976 antara timnas Cekoslovakia dengan Jerman Barat dan digelar di Stadium Red Star, Belgrade. Sampai babak tambahan usai, partai final Piala EURO tanggal 20 Juni tahun 1976 tersebut masih menunjukkan hasil skor imbang yaitu 2-2. Lalu pada akhirnya dituntaskan lewat adu penalti. Tim Cekoslovakia yang sekarang merupakan Republik Ceko merengkuh trofi berkat 5-3 hasil kemenangan terhadap Jerman Barat.

Kiper Pertama Sebagai Pemain Terbaik EURO

Ada Gianluigi Donnarumma yang merupakan pemain terbaik di ajang EURO 2021 seusai mengantarkan Italia bisa mendapat gelar juara final dengan kemenangan terhadap Inggris lewat adu penalti. Donnaruma yang masih tergolong muda ini merupakan kiper yang resmpi pertama memperoleh gelar itu. Pemberian gelar untuk pemain terbaik EURO secara resmi memang baru dimulai dari sejak tahun 1996. Tetapi kalau secara tidak resminya, penghargaan ini dikenal dari EURO 1984. Ada pun 1 kiper sebagai pemain terbaik Piala Eropa meski tidak resmi, yaitu Peter Schmeichel dari Denmark saat ajang Piala Eropa tahun 1992. Bahkan sama juga dengan Donnarumma, ayah Kasper Schmeichel tersebut mengantarkan negaranya juga menjadi juara Piala Eropa.

Italia Menjadi Juara EURO Dari 55 Tahun Yang Lalu

Kemenangan timnas Italia terhadap Inggris di ajang final EURO tahun 2021 ini menjadikan tim Azzurri mampu mengakhiri dahaga setelah setengah abad tidak juara. Terakhir kali timnas Italia mendapatkan trofi jawara EURO di tahun 1968. Saat itu, Italia berhasil mengalahkan Yugoslavia pada partai puncak Piala Eropa 1968 serta menjadi trofi pertama untuk timnas Italia. Seusai menumpas Inggris saat final Piala Eropa 2021, maka Italia kini telah mengoleksi 2 piala trofi untuk EURO ini.