Cara Mengatasi Gejala Dari Naiknya Asam Lambung/Gerd

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!

Ada salah satu penyakit yang cukup umum diderita banyak orang yaitu adalah naiknya asam lambung atau Gerd. Ada berbagai gejala dari masalah asam lambung tersebut seperti merasa ada makanan yang naik. Lalu nyeri bagian kerongkongan dan dada, batuk dan suara serak. Bisa juga terasa nyeri di dada, terutama pada saat berbaring malam hari. Anda harus lebih baik segera coba menghubungi dokter kalau Anda memiliki ragam gejala seperti ini. Sehingga dada terasa sakit ini bisa disembuhkan. Selain itu, harus juga memberitahu dokter jika gejala sering terjadi serta bertambah buruk lagi. Tubuh tiap masingĀ­-masing orang jelas berbeda sehingga harus selalu konsultasikan ke pihak dokter untuk bisa menangani kondisi asam lambung ini.

Apakah Gerd Dapat Disembuhkan? Dan Berbagai Cara Mengatasinya

Penyebab asam lambung naik karena otot cincin yaitu sfingter lambung tidak berfungsi dengan normal. Tak ada obat untuk asam lambung tertentu yang bisa membuat otot ini kembali normal. Tetapi obat-obatan bisa membantu juga meredakan gejala serta mencegahnya akan kambuh kembali. Lalu selain dengan memakai obat, sakit pada lambung ini sebenarnya bisa juga dengan mudah anda atasi lewat dengan pengaturan makanan lebih sehat serta seimbang. Beberapa aturan makan perlu Anda tahu untuk mengatasi masalah asam lambung yang kambuhan.

Ubah pola makan menjadi lebih teratur

Ada salah satunya penyebab asam naik di lambung yaitu pola makan tidak teratur atau tidak terjaga. Oleh karena hal itu, maka usahakan memiliki jam pola makan sama setiap harinya. Selain itu, juga disarankan tidak makan 2 jam sebelum anda tidur karena dapat memicu asam lambung naik ke area tenggorokan pada saat tidur.

Coba hindari ngemil antara waktu konsumsi makan sehari hari

Kebiasaan yang satu ini akan dapat membuat sistem pencernaan kesulitan mencerna yang terlalu banyak. Maka akibatnya, tubuh bisa membutuhkan waktu cukup lama juga untuk mencerna makanan ini.

Selalu perhatikan porsi makanan

Ada cara lain untuk mengatasi masalah asam lambung lain adalah dengan anda memperhatikan porsi makanannya. Pasalnya jika anda makan dengan porsi besar maka dapat memicu potensi refluks asam lambung. Untuk bisa menghindari kelaparan, maka sebaiknya Anda konsumsi makanan lebih sering tetapi dalam porsi lebih kecil. Tentu menghindari masalah kesehatan asam lambung ada masih beragam lagi yang lain.

Mengunyah makanan dengan cara tepat

Meski pun tips mengatasi asam lambung satu ini terlihat sepele, tetapi cara tersebut penting untuk anda perhatikan. Pasalnya dari hal ini maka dapat membantu fungsi enzim pencernaan untuk mengolah dan juga mencerna makanan lebih mudah. Sehingga nantinya akan bisa mengurangi risiko masalah asam lambung yang naik atau pun memperburuk gejala dari GERD yang sedang Anda alami.

Menghindari minum air banyak pada saat makan & pilih makan dengan tepat

Minum air terlalu banyak di tengah makan maka bisa mencairkan juga asam lambung serta membuat makanannya yang dikonsumsi lebih sulit lagi untuk dicerna. Maka dari itu, perlu diperhatikan hal satu ini ketika sedang menyantap makanan. Pilihan makanan tepat untuk masalah asam lambung ini tentu yang baik juga untuk anda pahami. Asam lambung rentan naik seusai makan. Maka, di samping menjadwalkan makan yang lebih teratur, maka Anda perlu ketat menyeleksi apa pun yang Anda akan makan untuk setiap harinya.