Cara Membuat Podcast Menarik

5 Aplikasi Ini Bantu Kamu Bikin Podcast Sendiri, Yuk Mulai!

Akhir-akhir ini podcast memang menjadi platform yang seru untuk mendapatkan informasi yang menarik selain YouTube. Oleh karena inilah banyak orang yang mencoba dan menekuni cara membuat podcast sendiri. Jika podcast yang kamu buat tidak banyak didengar, bisa jadi ada yang salah dari cara membuat podcast kamu. Mungkin ada hal yang bisa kamu perbaiki agar podcast kamu bisa lebih unik dan menarik. Berikut ini adalah cara membuat podcast yang mudah yang bisa kamu ikuti.

  • Membuat intro dengan iringan musik

Untuk pembuka, kamu perlu memerhatikan intro yang juga penting bagi para pendengar. Kamu bisa menggunakan jargon khas untuk menyapa pendengar. Tidak lupa iringan musik juga bisa kamu tambahkan supaya membuat pendengar lebih mudah terbawa suasana. Intro dan detik-detik pertama ini adalah bentuk bentuk branding supaya podcast kamu diingat oleh pendengar.

  • Membuat Serial Podcast

Terkadang banyak sekali topik yang ingin kita bahas. Agar podcast bisa dikemas menarik, kamu bisa membuatnya menjadi serial podcast dengan membagi satu topik menjadi beberapa episode. Hal ini juga bisa membuat pendengar penasaran dan menunggu kelanjutan podcast kamu.

  • Gunakan Peralatan yang Layak dalam Membuat Podcast

Kamu perlu mempersiapkan peralatan untuk membuat podcast yang layak. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan peralatan dalam membuat podcast secara profesional. Dengan menggunakan peralatan yang layak, kualitas suara yang kamu buat juga bisa lebih maksimal.

  • Kamu Bisa Sambil Melakukan Aktivitas Lain supaya Podcast Terasa Lebih “Hidup”

Kamu juga bisa merekam podcast sambil melakukan aktivitas yang lain, karena jika berbicara hanya dalam kondisi duduk itu membosankan. Contohnya seperti sambil main gitar, minum kopi, atau naik mobil. Cara ini bisa diterapkan untuk membuat podcast bagi pemula karena untuk membuat porcast, tubuhmu harus rileks agar cerita yang kamu sampaikan lebih mengalir tanpa beban.

  • Mengedit Konten Sendiri agar Sesuai dengan Kualitas yang Diinginkan

Ada baiknya kamu sendiri yang mengedit hasil rekamanmu agar menghasilkan podcast yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu tidak usah ragu untuk memotong bagian tertentu dari rekaman jika diperlukan karena apa yang kamu sampaikan jauh lebih penting daripada durasi podcast. Oleh karena itu pastikan bahwa pesan yang ada di dalam rekaman tidak terlalu bertele-tele.

  • Buat Ppodcast dengan Format Video

Hal ini ramai dilakukan di YouTube. Jika kamu ingin memulai podcast dengan format video, kamu perlu mempertimbangkan studio rekaman, peralatan membuat podcast, hingga mengundang bintang tamu yang asik. Podcast ini sendiri ini sudah masuk ke tahap profesional dan membutuhkan effort yang lebih ketika proses pembuatannya.

  • Membuat Cover Image yang Eye-Catching

Ketika semua aspek untuk membuat podcast sudah terpenuhi, jangan lupa untuk membuat desain cover podcast kamu. Membuat cover image adalah salah satu cara untuk membuat podcastmu lebih menarik. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan aplikasi pembuat desain gratis dengan mencoba mencari referensi cover terlebih dahulu.

  • Membuatnya Tetap Simple

Jangan terlalu terburu-buru dengan membeli segala peralatan. Kamu harus tetap fokus pada konten yang ingin kamu buat. Jangan sampai menghamburkan banyak uang untuk persiapan dan peralatan tanpa pertimbangan dan konsep yang matang. Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat podcast yang bisa dimanfaatkan untuk memotong pengeluaran. Untuk lebih menghemat, kamu hanya perlu mencari tahu cara membuat podcast di smartphone.